Breaking News

Mapel Bahasa Inggris

 

Kompetensi Dasar   (Pengetahuan)MateriKompetensi Dasar (Keterampilan)Materi
3.1   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks   interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan   meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan   konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective,   objective, possessive) 4.1 Menyusun teks interaksi   transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan   memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi   sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks   penggunaannya 
3.2 Menganalisis fungsi sosial, struktur   teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang   melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat bersayap (extended), dan   responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya 4.2 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang   melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat bersayap (extended), dan   responnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur   kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 
3.3   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks   interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan   meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai   dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would   like to) 4.3 Menyusun teks interaksi   transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan   memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan,   dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang   benar dan sesuai konteks penggunaannya. 
3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur   teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan   memberi dan meminta informasi pendek dan sederhana terkait orang, benda dan   tempat sesuai dengan konteks penggunaannya 4.4 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana,   terkait orang, benda dan tempat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur   teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur   teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan   (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan   sekolah/tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya 4.5 Menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), lisan   dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur   teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks 3
3.6   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan 4unsur kebahasaan teks   interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan   meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang   dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan   kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur   kebahasaan simple past tense vs present perfect tense) 4.6 Menyusun teks interaksi   transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan   tindakan unsur dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/   kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya   dan kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan   unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 
3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur   teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dengan   memberi dan meminta informasi terkait peristiwa/pengalaman sesuai dengan   konteks penggunaannya 4.7 Menyusun teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait   peristiwa/pengalaman, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan   unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks 
3.8 Menganalisis fungsi   sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan   tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat sederhana,   sesuai dengan konteks penggunaannya 4.8 Menyajikan teks naratif pendek dan sederhana terkait legenda rakyat   secara lisan dan tulis dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan   unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks 
3.9   Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks   khusus dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs dengan memberi dan meminta   informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja, sesuai dengan konteks   penggunaannya di dunia kerja 4.9 Menyusun teks khusus dalam bentuk memo, menu, jadwal dan tanda-tanda   (signs) lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi   sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks 
3.10 Menerapkan fungsi social, struktur   teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang   melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata   sifat sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya 4.10 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang   melibatkan tindakan member dan meminta informasi terkait perbandingan kata   sifat dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan   yang benar dan sesuai konteks 
3.11 Menganalisis fungsi social, struktur   teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang   melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi tentang petunjuk arah   (direction) sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja 4.11 Menyusun teks interaksi   transaksional lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan   memberi dan meminta informasi tentang petunjuk arah (direction) dengan   memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan   sesuai konteks di dunia kerja 
3.12 Menganalisis fungsi social, struktur   teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan   tindakan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan/tugas-tugas rutin   sederhana (simple routine tasks) sesuai dengan konteks penggunaan di dunia   kerja 4.12 Menyusun teks interaksi   transaksional lisan dan tulis, pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan   memberi dan meminta informasi terkait kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana   (simple routine tasks) dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan   unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks dunia kerja  
3.13   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks   interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan   meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan konteks   penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should, can) 4.13 Menyusun teks interaksi   transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan   tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan   memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar   dan sesuai konteks 
3.14   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks   interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan   meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks   penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan I think, I suppose, in my   opinion) 4.14 Menyusun teks interaksi   transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan   tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, dengan   memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar   dan sesuai konteks 
3.15   Menerapkan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi   transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait   pesan sederhana lewat telephone (taking simple phone message) sesuai dengan   konteks penggunaannya di dunia kerja 4.15 Menuliskan kembali teks pesan sederhana lewat telephone terkait   tempat kerja dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur   kebahasaan secara benar dan sesuai konteks dunia kerja 
3.16 Menganalisis fungsi 6sosial,   struktur teks, dan 6unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk   undangan resmi dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan   sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya 4.16 Menyusun teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis,   terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi 6nsure,   struktur teks, dan 6unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks 
3.17 Membedakan fungsi sosial, struktur   teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi   dengan memberi dan menerima informasi terkait kegiatan diri sendiri dan orang   sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya 4.17 Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan   diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai   konteks 
3.18   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks   prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual   penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai   dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya4.18 Menyusun teks prosedur, lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait   penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi   sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks 
3.19   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks   interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan   meminta informasi terkait keadaan /tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu   menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya.   (Perhatikan unsur kebahasaan passive voice) 4.19 Menyusun teks interaksi   transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta   informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan   pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur   teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 
3.20 Menganalisis fungsi sosial, struktur   teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang   pengandaian jika terjadi suatu keadaan/ kejadian/peristiwa di waktu yang akan   datang, sesuai dengan konteks penggunaannya 4.20 Menyusun teks lisan dan   tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu   keadaan/ kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai   konteks 
3.21   Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi   sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks   ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan   sosial, sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain 4.21 Menyusun teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis,   sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan   sosial, terkait dengan mata pelajaran lain 
3.22 Menganalisis fungsi sosial, struktur   teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis   dengan memberi dan  meminta informasi   terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya4.22 Menyusun teks eksposisi analitis tulis, terkait isu aktual, dengan   memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur  kebahasaan, secara benar dan sesuai   konteks 
3.23 Menganalisis fungsi social, struktur   teks dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks   penggunaannya 4.23 Menyusun teks biografi tokoh lisan dan tulis, pendek dan sederhana,   dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang   benar dan sesuai konteks  
3.24   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks   interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan   meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks   penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan because of ..., due to ...,   thanks to ...) 4.24 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang   melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab   akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur   kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 
3.25 Menganalisis fungsi social, struktur   teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan   tindakan memberi dan meminta informasi terkait penulisan laporan   sederhana 4.25 Menyusun teks interaksi   transaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi   terkait penulisan laporan sederhana dengan memperhatikan fungsi social,   struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks   penggunaannya di dunia kerja 
3.26 Menganalisis fungsi social, struktur   teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan   tindakan memberi dan meminta informasi terkait penyajian laporan secara lisan   (report presentation) 4.26 Menyusun teks interaksi   transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi   terkait penyajian laporan dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks   dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks penggunaannya di   dunia kerja 
3.27   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks   interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menawarkan   jasa, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks  penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan   May I help you? What can I do for you? What if ...?) 4.27 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang   melibatkan tindakan menawarkan jasa, dan menanggapinya dengan memperhatikan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai   konteks 
3.28 Menganalisis fungsi sosial, struktur   teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat lamaran   kerja, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, latar belakang   pendidikan/pengalaman kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya 4.28 Menyusun teks khusus surat lamaran kerja, yang memberikan informasi   antara lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, dengan   memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara   benar dan sesuai konteks 
3.29 Menganalisis fungsi sosial, struktur   teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan   tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dalam konteks   pekerjaan (wawancara pekerjaan) 4.29 Menyusun teks interaksi   transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi   terkait jati diri dalam konteks pekerjaan (wawancara pekerjaan), dengan   memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar   dan sesuai konteks penggunaannya di dunia kerja. 
3.30 Menganalisis fungsi sosial, struktur   teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan,   sesuai dengan konteks penggunaannya 4.30 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan   tentang keharusan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan   unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 
3.31 Menganalisis fungsi sosial, struktur   teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks news item lisan dan tulis dengan   memberi dan meminta informasi terkait berita sederhana dari koran/radio/TV,   sesuai dengan konteks penggunaannya 4.31 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur   teks, dan unsur kebahasaan teks news items lisan dan tulis, dalam bentuk   berita sederhana koran/radio/TV 
3.32   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks   interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan   meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai   dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan   if dengan imperative, can, should)4.32 Menyusun teks interaksi   transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta   informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, dengan   memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar   dan sesuai konteks 

Tidak ada komentar