Mapel BHS Indo
Kompetensi Dasar (Pengetahuan) | Materi | Kompetensi Dasar (Keterampilan) | Materi |
---|---|---|---|
3.1 Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis | 4.1 Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis | ||
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.2 Mengonstruksikan teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis | ||
3.3 Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca | 4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis | ||
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan | ||
3.5 Menganalisis teks anekdot dari aspek makna tersirat | 4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis | ||
3.6 Mengevaluasi struktur dan kebahasaan teks anekdot | 4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis. | ||
3.7 Mendeskripsikan nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis | 4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca | ||
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen | 4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai | ||
3.9 Menguraikan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel | 4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca | ||
3.10 Menganalisis pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan maupun tertulis | 4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan atau tulis | ||
3.11 Mengevaluasi isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.11 Mengonstruksikan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan | ||
3.12 Menganalisis permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan esensi dari debat | 4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat | ||
3.13 Menganalisis isi debat berkaitan dengan bidang pekerjaan (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan) | 4.13 Mengembangkan permasalahan/ isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat berkaitan dengan bidang pekerjaan | ||
3.14 Menganalisis butir-butir penting yang dapat diteladani dari teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.14 Menyajikan hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca secara tertulis | ||
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.15 Membuat teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan baik lisan maupun tulis | ||
3.16 Menganalisis suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca | 4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) | ||
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi | 4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan) | ||
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca | 4.18 Menyajikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi | ||
3.19 Menganalisis informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.19 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur berkaitan bidang pekerjaan dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis | ||
3.20 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.20 Mengembangkan teks prosedur berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan | ||
3.21 Menganalisis informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan dan tulis | 4.21 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan tulis | ||
3.22 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.22 Memproduksi teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan atau tulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan | ||
3.23 Menganalisis informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.23 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan | ||
3.24 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.24 Mengonstruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat | ||
3.25 Mendeskripsikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca | 4.25 Menyajikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan | ||
3.26 Menemukan butir-butir penting dari dua buku | 4.26 Menyajikan persamaan dan perbedaan isi dua buku pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca | ||
3.27 Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca | 4.27 Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca | ||
3.28 Mendeskripsikan informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.28 Melengkapi informasi dalam proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan supaya lebih efektif | ||
3.29 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.29 Merancang sebuah proposal karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan | ||
3.30 Menganalisis informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca | 4.30 Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan | ||
3.31 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.31 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan | ||
3.32 Membandingkan isi berbagai resensi berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan sistematika sebuah resensi | 4.32 Menyajikan isi sebuah resensi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi | ||
3.33 Menganalisis kebahasaan resensi dalam kumpulan cerpen atau novel setidaknya dua karya yang berbeda | 4.33 Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel yang sudah dibaca | ||
3.34 Menganalisis alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton | 4.34 Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan | ||
3.35 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton | 4.35 Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan | ||
3.36 Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku | 4.36 Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang kumpulan puisi) yang dibaca dikaitkan dengan situasi kekinian | ||
3.37 Mendeskripsikan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca | 4.37 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis | ||
3.38 Menganalisis unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan | 4.38 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan | ||
3.39 Menganalisis informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis | 4.39 Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi | ||
3.40 Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah | 4.40 Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan | ||
3.41 Mendeskripsikan informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.41 Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara lisan maupun tulis | ||
3.42 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.42 Merancang teks editorial berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis | ||
3.43 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | 4.43 Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis | ||
3.44 Menganalisis isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan | 4.44 Mengonstruksi makna dan tujuan isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan | ||
3.45 Menganalisis struktur dan ciri kebahasaan teks iklan sesuai bidang pekerjaan | 4.45 Menyusun teks iklan sesuai bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis | ||
3.46 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca | 4.46 Menyusun opini dalam bentuk artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan | ||
3.47 Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.47 Mengonstruksi sebuah artikel berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan | ||
3.48 Mendeskripsikan isi dan sistematika surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.48 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara lisan maupun tulis | ||
3.49 Menganalisis unsur kebahasaan surat dinas yang sesuai bidang pekerjaan | 4.49 Menyusun surat dinas yang berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan | ||
3.50 Menganalisis nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) | 4.50 Menulis refleksi tentang nilainilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) |
Mapel BHS Indo
Reviewed by SMK MANDIRI KRAKSAAN
on
21.40
Rating: 5
Tidak ada komentar