Mapel PAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Guru Pengajar :
KOMPETENSI DASAR (PENGETAHUAN) | MATERI | KOMPETENSI DASAR (KETERAMPILAN) | MATERI |
---|---|---|---|
3.1 Menganalisis QS al-Anfal (8):72, QS al-Hujurat (49): 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik dan persaudaraan (ukhuwah) | 4.1.1 Membaca QS al-Anfal (8):72, QS al-Hujurat (49): 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf | ||
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan QS al-Anfal (8:72), QS al-Hujurat (49): 10 dan 12 dengan fasih dan lancar | |||
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan QS alAnfal (8:72), QS al-Hujurat (49): 10 dan 12, serta Hadis terkait | |||
3.2 Menganalisis QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina | 4.2.1 Membaca QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf | ||
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2 dengan fasih dan lancar | |||
4.2.3 Menyajikan larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya sesuai pesan QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2 | |||
3.3 Menganalisis makna alAsma’u al-Husna: alKarim, al-Mu’min, alWakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir | 4.3 Menyajikan hubungan makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, alWakil, al-Matin, al-Jami’, al‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil | ||
3.4 Menganalisis makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt. | 4.4 Mempresentasikan hubungan makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada | ||
3.5 Menerapkan ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam | 4.5 Mempraktikkan tata cara berpakaian sesuai syariat Islam | ||
3.6 Memahami manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari | 4.6 Melaksanakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. | ||
3.7 Menganalisis kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama | 4.7 Menyajikan kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah QS atTaubah (9): 122 dan Hadis | ||
3.8 Menganalisis kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam | 4.8 Menentukan suatu hukum berdasarkan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam | ||
3.9 Menganalisis tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf | 4.9 Menyimulasikan tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf | ||
3.10 Menganalisis substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah | 4.10 Menyajikan substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan | ||
3.11 Menganalisis strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah | 4.11 Mempresentasikan dan strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah | ||
3.12 Menganalisis makna QS al-Maidah (5): 48; QS anNisa (4): 59, dan QS atTaubah (9): 105, serta Hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja | 4.12.1 Membaca QS al-Maidah (5): 48; QS an-Nisa (4): 59, dan QS at-Taubah (9): 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf | ||
4.12.2 Mendemonstrasikan hafalan QS al-Maidah (5): 48; QS anNisa (4): 59, dan QS atTaubah (9): 105 dengan fasih dan lancar | |||
4.12.3 Menyajikan perintah berkompetisi dalam kebaikan dan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan QS alMaidah (5): 48; QS an-Nisa (4): 59, dan QS at-Taubah (9): 105 | |||
3.13 Menganalisis makna QS Yunus (10): 40-41 dan QS al-Maidah (5): 32, serta Hadis tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan | 4.13.1 Membaca QS Yunus (10): 4041 dan QS al-Maidah (5): 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf | ||
4.13.2 Mendemonstrasikan hafalan QS Yunus (10): 40-41 dan QS al-Maidah (5): 32 dengan fasih dan lancar | |||
4.13.3 Mempresentasikan perintah toleransi dan kerukunan sesuai pesan QS Yunus (10): 40-41 dan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan QS Al-Maidah (5): 32 | |||
3.14 Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah swt | 4.14 Mempresentasikan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah swt dengan perilaku seharihari | ||
3.15 Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah swt | 4.15 Menyajikan hubungan antara iman kepada rasulrasul Allah swt dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah | ||
3.16 Menganalisis makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran | 4.16 Menyajikan makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dan upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari | ||
3.17 Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru | 4.17 Menyajikan ketauhidan dalam beribadah serta hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan QS al-Isra’ (17): 23 dan Hadis terkait | ||
3.18 Mengevaluasi tata cara perawatan jenazah | 4.18 Menyimulasikan tata cara perawatan jenazah | ||
3.19 Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig, dan dakwah | 4.19 Menyimulasikan tata cara khutbah, tablig, dan dakwah | ||
3.20 Menganalisis prinsipprinsip dan praktik ekonomi dalam Islam | 4.20 Menentukan kegiatan usaha sesuai dengan prinsipprinsip dan praktik ekonomi dalam Islam | ||
3.21 Menganalisis perkembangan peradaban | 4.21 Menyajikan perkembangan peradaban Islam dan faktor | ||
3.22 Menganalisis perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang) | 4.22.1 Menyajikan perkembangan peradaban Islam pada masa modern (1800-sekarang) | ||
4.22.2 Menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan peradaban Islam pada masa modern | |||
3.23 Mengevaluasi makna QS Ali Imran (3): 190-191, dan QS Ali Imran (3): 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis | 4.23.1 Membaca QS Ali Imran (3): 190-191, dan QS Ali Imran (3): 159,; sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul-huruf | ||
4.23.2 Mendemonstrasikan hafalan QS Ali Imran (3): 190-191, dan QS Ali Imran (3): 159, dengan lancar | |||
4.23.3 Menyajikan sikap kritis dan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan QS Ali Imran (3): 190-191 | |||
4.23.4 Mempresentasikan demokrasi dan sikap tidak memaksakan kehendak sesuai pesan QS Ali Imran (3): 159 | |||
3.24 Mengevaluasi makna QS Luqman (31): 13-14 dan QS al-Baqarah (2): 83, serta Hadis tentang kewajibanberibadah dan bersyukur kepada Allah sertaberbuat baik kepada sesama manusia | 4.24.1 Membaca QS Luqman (31): 13-14 dan QS al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf | ||
4.24.2 Mendemonstrasikan hafalan QS Luqman (31): 13-14 dan QS al-Baqarah (2): 83 dengan lancar | |||
4.24.3 Mempresentasikan kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan QS Luqman (31): 1314 dan QS al-Baqarah (2): 83 | |||
3.25 Mengevaluasi makna iman kepada hari akhir | 4.25 Menyajikan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil | ||
3.26 Mengevaluasi makna iman kepada qadha dan qadar | 4.26 Mempresentasikan makna sikap optimis, ikhtiar, dan tawakkal sebagai perwujudan iman kepada qadha dan qadar Allah swt. | ||
3.27 Mengevaluasi perilaku bekerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat | 4.27 Menyajikan perilaku bekerja keras, jujur, bertanggung jawab, adil, dan toleransi dalam kehidupan seharihari yang berkembang di masyarakat sebagai wujud keimanan | ||
3.28 Mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam | 4.28 Menyajikan prosesi pernikahan dalam Islam | ||
3.29 Mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam | 4.29 Menggunakan ketentuan pembagian waris Islam dalam kehidupan | ||
3.30 Mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia | 4.30 Menyajikan prinsip-prinsip strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia | ||
3.31 Mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia | 4.31 Menyajikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia | ||
3.32 Mengevaluasi faktorfaktor kemajuan peradaban Islam di dunia | 4.32 Menyajikan faktor-faktor penentu kemajuan peradaban Islam di dunia | ||
3.33 Mengevaluasi faktorfaktor kemunduran peradaban Islam di dunia | 4.33 Menyajikan faktor-faktor penyebab kemunduran peradaban Islam di dunia | ||
Tidak ada komentar