Breaking News

Mapel PAI

 Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Guru Pengajar : 


KOMPETENSI DASAR   (PENGETAHUAN) MATERI KOMPETENSI DASAR (KETERAMPILAN) MATERI
3.1 Menganalisis QS al-Anfal (8):72, QS   al-Hujurat (49): 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah   an-nafs), prasangka baik dan persaudaraan (ukhuwah) 4.1.1 Membaca QS al-Anfal (8):72, QS al-Hujurat (49): 10 dan 12, sesuai   dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan QS al-Anfal (8:72), QS al-Hujurat (49):   10 dan 12 dengan fasih dan lancar
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri   (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)   sesuai dengan pesan QS alAnfal (8:72), QS al-Hujurat (49): 10 dan 12, serta   Hadis terkait
3.2 Menganalisis QS al-Isra’ (17): 32,   dan QS an-Nur (24): 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan   perbuatan zina 4.2.1 Membaca QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2 sesuai dengan   kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan QS al-Isra’ (17): 32, dan QS an-Nur (24):   2 dengan fasih dan lancar
4.2.3 Menyajikan larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina dengan   berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya sesuai pesan QS al-Isra’   (17): 32, dan QS an-Nur (24): 2
3.3 Menganalisis makna alAsma’u al-Husna:   alKarim, al-Mu’min, alWakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir 4.3 Menyajikan hubungan makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min,   alWakil, al-Matin, al-Jami’, al‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran   budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil
3.4 Menganalisis makna beriman kepada   malaikat-malaikat Allah swt. 4.4 Mempresentasikan hubungan makna beriman kepada malaikat-malaikat   Allah swt dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada
3.5 Menerapkan ketentuan berpakaian   sesuai syariat Islam 4.5 Mempraktikkan tata cara berpakaian sesuai syariat Islam
3.6 Memahami manfaat kejujuran dalam   kehidupan sehari-hari 4.6 Melaksanakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
3.7 Menganalisis kewajiban menuntut ilmu   untuk membela agama 4.7 Menyajikan kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama   sesuai perintah QS atTaubah (9): 122 dan Hadis
3.8 Menganalisis kedudukan al-Qur’an,   Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam 4.8 Menentukan suatu hukum berdasarkan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad   sebagai sumber hukum Islam
3.9 Menganalisis tata cara ibadah haji,   zakat, dan wakaf 4.9 Menyimulasikan tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf
3.10 Menganalisis substansi, strategi,   dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah dakwah Nabi   Muhammad saw di Makkah 4.10 Menyajikan substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan
3.11 Menganalisis strategi, dan   keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah 4.11 Mempresentasikan dan strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi   Muhammad saw di Madinah
3.12 Menganalisis makna QS al-Maidah (5):   48; QS anNisa (4): 59, dan QS atTaubah (9): 105, serta Hadis tentang taat   pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja 4.12.1 Membaca QS al-Maidah (5): 48; QS an-Nisa (4): 59, dan QS at-Taubah   (9): 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijulhuruf
4.12.2 Mendemonstrasikan hafalan QS al-Maidah (5): 48; QS anNisa (4): 59,   dan QS atTaubah (9): 105 dengan fasih dan lancar
4.12.3 Menyajikan perintah berkompetisi dalam kebaikan dan kepatuhan   terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan QS alMaidah (5): 48; QS an-Nisa   (4): 59, dan QS at-Taubah (9): 105
3.13 Menganalisis makna QS Yunus (10):   40-41 dan QS al-Maidah (5): 32, serta Hadis tentang toleransi, rukun, dan   menghindarkan diri dari tindak kekerasan 4.13.1 Membaca QS Yunus (10): 4041 dan QS al-Maidah (5): 32 sesuai dengan   kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.13.2 Mendemonstrasikan hafalan QS Yunus (10): 40-41 dan QS al-Maidah   (5): 32 dengan fasih dan lancar
4.13.3 Mempresentasikan perintah toleransi dan kerukunan sesuai pesan QS   Yunus (10): 40-41 dan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan QS Al-Maidah   (5): 32
3.14 Menganalisis makna iman kepada   kitab-kitab Allah swt 4.14 Mempresentasikan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci   Allah swt dengan perilaku seharihari
3.15 Menganalisis makna iman kepada   rasul-rasul Allah swt 4.15 Menyajikan hubungan antara iman kepada rasulrasul Allah swt dengan   keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada   Allah
3.16 Menganalisis makna syaja’ah (berani   membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran 4.16 Menyajikan makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dan upaya   mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
3.17 Menganalisis perilaku hormat dan   patuh kepada orangtua dan guru 4.17 Menyajikan ketauhidan dalam beribadah serta hormat dan patuh kepada   orangtua dan guru sesuai dengan QS al-Isra’ (17): 23 dan Hadis terkait
3.18 Mengevaluasi tata cara perawatan   jenazah 4.18 Menyimulasikan tata cara perawatan jenazah
3.19 Menganalisis pelaksanaan khutbah,   tablig, dan dakwah 4.19 Menyimulasikan tata cara khutbah, tablig, dan dakwah
3.20 Menganalisis prinsipprinsip dan   praktik ekonomi dalam Islam 4.20 Menentukan kegiatan usaha sesuai dengan prinsipprinsip dan praktik   ekonomi dalam Islam
3.21 Menganalisis perkembangan   peradaban 4.21 Menyajikan perkembangan peradaban Islam dan faktor
3.22 Menganalisis perkembangan Islam pada   masa modern (1800-sekarang) 4.22.1 Menyajikan perkembangan peradaban Islam pada masa modern   (1800-sekarang)
4.22.2 Menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan   perkembangan peradaban Islam pada masa modern
3.23 Mengevaluasi makna QS Ali Imran (3):   190-191, dan QS Ali Imran (3): 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan   bersikap demokratis 4.23.1 Membaca QS Ali Imran (3): 190-191, dan QS Ali Imran (3): 159,;   sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul-huruf
4.23.2 Mendemonstrasikan hafalan QS Ali Imran (3): 190-191, dan QS Ali   Imran (3): 159, dengan lancar
4.23.3 Menyajikan sikap kritis dan ciri orang-orang berakal (ulil albab)   sesuai pesan QS Ali Imran (3): 190-191
4.23.4 Mempresentasikan demokrasi dan sikap tidak memaksakan kehendak   sesuai pesan QS Ali Imran (3): 159
3.24 Mengevaluasi makna QS Luqman (31):   13-14 dan QS al-Baqarah (2): 83, serta Hadis tentang kewajibanberibadah dan   bersyukur kepada Allah sertaberbuat baik kepada sesama manusia 4.24.1 Membaca QS Luqman (31): 13-14 dan QS al-Baqarah (2): 83 sesuai   dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.24.2 Mendemonstrasikan hafalan QS Luqman (31): 13-14 dan QS al-Baqarah   (2): 83 dengan lancar
4.24.3 Mempresentasikan kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah   serta berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan QS Luqman (31): 1314   dan QS al-Baqarah (2): 83
3.25 Mengevaluasi makna iman kepada hari   akhir 4.25 Menyajikan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil
3.26 Mengevaluasi makna iman kepada qadha   dan qadar 4.26 Mempresentasikan makna sikap optimis, ikhtiar, dan tawakkal sebagai   perwujudan iman kepada qadha dan qadar Allah swt.
3.27 Mengevaluasi perilaku bekerja keras   dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di   masyarakat 4.27 Menyajikan perilaku bekerja keras, jujur, bertanggung jawab, adil,   dan toleransi dalam kehidupan seharihari yang berkembang di masyarakat   sebagai wujud keimanan
3.28 Mengevaluasi ketentuan pernikahan   dalam Islam 4.28 Menyajikan prosesi pernikahan dalam Islam
3.29 Mengevaluasi ketentuan waris dalam   Islam 4.29 Menggunakan ketentuan pembagian waris Islam dalam kehidupan
3.30 Mengevaluasi strategi dakwah dan   perkembangan Islam di Indonesia 4.30 Menyajikan prinsip-prinsip strategi dakwah dan perkembangan Islam di   Indonesia
3.31 Mengevaluasi sejarah perkembangan   Islam di Indonesia 4.31 Menyajikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah   perkembangan Islam di Indonesia
3.32 Mengevaluasi faktorfaktor kemajuan   peradaban Islam di dunia 4.32 Menyajikan faktor-faktor penentu kemajuan peradaban Islam di   dunia
3.33 Mengevaluasi faktorfaktor kemunduran   peradaban Islam di dunia 4.33 Menyajikan faktor-faktor penyebab kemunduran peradaban Islam di   dunia

Tidak ada komentar