Breaking News

Mapel Sejarah Indonesia

 

Kompetensi Dasar (Pengetahuan)MateriKompetensi Dasar (Keterampilan)Materi
3.1 Memahami konsep dasar sejarah   (berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang dan waktu serta perubahan   dan keberlanjutan) 4.1 Menyajikan hasil pemahaman tentang konsep dasar sejarah (berpikir   kronologis, diakronik, sinkronik, ruang dan waktu serta perubahan dan   keberlanjutan)
3.2 Menganalisis kehidupan manusia dan   hasil-hasil budaya masyarakat Pra Aksara Indonesia 4.2 Menyajikan informasi mengenai manusia dan hasilhasil budaya khususnya   masyarakat Pra Aksara Indonesia
3.3 Menganalisis berbagai teori tentang   proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya   terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (pemerintahan, budaya) 4.3 Mengolah informasi tentang berbagai teori masuknya agama dan   kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat   Indonesia (pemerintahan, budaya)
3.4 Menganalisis berbagai teori tentang   proses masuknya agama dan kebudayaan Islam serta pengaruhnya terhadap   kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya) 4.4 Menyajikan hasil analisis berbagai teori tentang proses masuknya   agama dan kebudayaan Islam serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat   Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya)
3.5 Menganalisis proses masuk dan   perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke   Indonesia 4.5 Mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan   bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia
3.6 Menganalisis dampak politik, budaya,   sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa, lahirnya   pergerakan nasional dan peristiwa sumpah pemuda 4.6 Menalar dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada   masa penjajahan bangsa Eropa lahirnya pergerakan nasional dan peristiwa   sumpah pemuda
3.7 Menganalisis peristiwa proklamasi   kemerdekaan dan pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia, serta   maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan   bangsa Indonesia 4.7 Menalar peristiwa proklamasi kemerdekaan dan pembentukan pemerintahan   pertama Republik Indonesia, serta maknanya bagi kehidupan sosial, budaya,   ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia
3.8 Menganalisis strategi dan bentuk   perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari   ancaman Sekutu dan Belanda 4.8 Mengolah informasi tentang strategi dan bentuk perjuangan bangsa   Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan   Belanda
3.9 Mengevaluasi upaya bangsa indonesia   dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948,   DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30S/PKI 4.9 Menyajikan hasil kesimpulan tentang upaya bangsa Indonesia dalam   menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII,   APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30S/PKI
3.10 Mengevaluasi perkembangan kehidupan   politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai dengan   masa Demokrasi Terpimpin 4.10 Menyajikan hasil telaah tentang perkembangan kehidupan politik dan   ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi   Terpimpin
3.11 Mengevaluasi perkembangan kehidupan   politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru sampai dengan awal   Reformasi, serta peranan mahasiswa dan pemuda dalam perubahan politik dan   ketatanegaraan Indonesia 4.11 Mengolah informasi tentang pekembangan kehidupan politik dan ekonomi   Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru sampai dengan awal Reformasi, serta   peranan mahasiswa dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan   Indonesia
3.12 Mengevaluasi peran bangsa Indonesia   dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda,   Gerakan Non Blok, dan ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting 4.12 Menyajikan hasil telaah tentang peran bangsa Indonesia dalam   perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non   Blok, dan ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting
3.13 Mengevaluasi kehidupan Bangsa   Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era   kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi) 4.13 Membuat studi evaluasi tentang kehidupan Bangsa Indonesia dalam   mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di era kemerdekaan (sejak   proklamasi sampai dengan Reformasi).

Tidak ada komentar