Breaking News

Praktikum Akuntansi   Lembaga/Instansi Pemerintah

 

Kompetensi   Dasar (Pengetahuan)MateriKompetensi   Dasar (Keterampilan)Materi
3.1 Memahami   pembukuan tunggal dan pembukuan berpasangan untuk akuntansi keuangan   pemerintah daerah 4.1 Mengidentifikasi   pembukuan tunggal dan pembukuan berpasangan untuk akuntansi keuangan   pemerintah daerah
3.2 Menerapkan   persamaan akuntansi, konsep debet dan kredit, penjurnalan, buku besar, saldo   normal dan laporan keuangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah 4.2 Melakukan pencatatan persamaan akuntansi,   konsep debet dan kredit, penjurnalan, buku besar, saldo normal dan laporan   keuangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah
3.3   Menganalisis transaksi pendapatan daerah, belanja derah, pembiayaan daerah,   asset daerah, kewajiban daerah dan equitas dana daerah 4.3 Melakukan pencatatan transaksi pendapatan   daerah, belanja derah, pembiayaan daerah, asset daerah, kewajiban daerah dan   equitas dana daerah
3.4 Menerapkan   system akuntansi keuangan dan struktur akuntansi keuangan desa/kelurahan 4.4 Melakukan   pencatatan system akuntansi keuangan dan struktur akuntansi keuangan   desa/kelurahan
3.5 Menerapkan   standar pengakuan, pengukuran dan pengungkapan/disclosur akuntansi pemerintah   daerah 4.5 Melakukan   pencatatan pengakuan, pengukuran dan pengungkapan/disclosur akuntansi   pemerintah daerah
3.6   Menganalisis elemen basis akuntansi, pelaksana akuntansi, struktur lengkap   kode rekening untuk kelompok akun asset, kewajiban, ekuitas dana, pendapatan,   belanja dan pembiayaan di desa /kelurahan 4.6 Melakukan   pencatatan elemen basis akuntansi, struktur lengkap kode rekening untuk   kelompok akun asset, kewajiban, ekuitas dana, pendapatan, belanja dan   pembiayaan di desa/kelurahan
3.7   Menganalisis transaksi akuntansi pendapatan satke dan akuntansi pendapatan   desa/kelurahan) 4.7 Melakukan   pencatatan akuntansi pendapatan satker dan akuntansi pendapatan   desa/kelurahan
3.8   Menganalisis transaksi akuntansi belanja satker dan akuntansi belanja   desa/kelurahan) 4.8 Melakukan   pencatatan akuntansi belanja satker dan akuntansi belanja   desa/kelurahan)
3.9   Menganalisis transaksi Akuntansi penerimaan pembiayaan dan akuntansi   pengeluaran pembiayaan di desa/kelurahan 4.9 Melakukan   pencatatan Akuntansi penerimaan pembiayaan dan akuntansi pengeluaran   pembiayaan di desa/kelurahan
3.10   Menganalisis transaksi akuntansi asset satker dan akuntansi asset   desa/kelurahan 4.10 Melakukan   pencatatan akuntansi asset satker dan akuntansi asset desa/kelurahan
3.11   Menganalisis transaksi akuntansi kewajiban satker dan akuntansi kewajiban   desa/kelurahan) 4.11 Melakukan   pencatatan akuntansi kewajiban satker dan akuntansi kewajiban   desa/kelurahan
3.12   Menganalisis transaksi dokumen sumber akuntansi ekuitas dana satker dan   dokumen sumber akuntansi ekuitas dana desa/kelurahan 4.12 Melakukan   pencatatan dokumen sumber akuntansi ekuitas dana satker dan dokumen sumber   akuntansi ekuitas dana desa/kelurahan
3.13   Menganalisis transaksi akuntansi koreksi kesalahan, peristiwa luar biasa,   dokumen sumber yang digunakan di satker dan di desa/kelurahan 4.13 Melakukan   pencatatan akuntansi koreksi kesalahan, peristiwa luar biasa, dokumen sumber   yang digunakan di satker dan di desa/kelurahan
3.14 Mengevaluasi laporan keuangan desa/kelurahan yang meliputi   tujuan laporan keuangan, komponen laporan keuangan, neraca saldo, jurnal   penyesuaian, laporan realisasi anggaran sebelum konversi, jurnal penutup,   penyusunan neraca, catatan atas laporan keuangan, konversi laporan keuangan   dan penyusunan laporan keuangan setelah konversi 4.14   Menyusun laporan keuangan desa /kelurahan yang meliputi penyusunan neraca   saldo, pencatatan jurnal penyesuaian, laporan realisasi anggaran sebelum   konversi, jurnal penutup, penyusunan neraca, catatan atas laporan keuangan,   konversi laporan keuangan dan laporan keuangan setelah konversi
3.15   Menerapkan komputerisasi data akuntansi desa/kelurahan 4.15 Membuat file   data akuntansi desa/kelurahan
3.16   Menganalisis daftar akun untuk desa/kelurahan 4.16 Menyusun daftar   akun untuk desa/kelurahan
3.17   Menganalisis transaksi yang terkait dengan akuntansi desa/kelurahan 4.17 Melakukan entry   transaksi yang terkait dengan akuntansi desa/kelurahan
3.18   Mengevaluasi laporan keuangan desa/kelurahan 4.18 Mencetak laporan   keuangan desa/kelurahan

Tidak ada komentar